Peran Teknologi dalam Interior Kantor

Peran teknologi dalam interior kantor semakin banyak diaplikasikan saat ini. Dengan semakin berkembangnya zaman, tren dan teknologi maka segala aspek dari kehidupan juga semakin berkembang. Hampir seluruh aspek dari kehidupan bermasyarakat memanfaatkan penggunaan teknologi dan salah satunya adalah interior kantor.
Peran teknologi dalam interior kantor memberikan manfaat yang besar. Selain kantor semakin canggih dan modern, peran teknologi dalam interior kantor juga memberikan hasil yang lebih akurat dan sesuai dengan perancangan awal.
Peran teknologi dalam interior kantor juga banyak dirasakan manfaatnya oleh para ahli desain. Banyak ahli desain saat ini menggunakan teknologi untuk memberikan hasil rancangan yang lebih nyata dan hasil konstruksi yang lebih indah. Jika dulu komputer hanya digunakan sebagai alat bantu, sekarang komputer digunakan sebagai alat utama dalam perancangan interior.
Kali ini, dalam artikel ini akan membahas peran teknologi dalam interior kantor. Bagaimana manfaatnya? Bagaimana implementasi teknologi dalam interior kantor? Apa peran teknologi dalam interior kantor?

A.Pengertian Teknologi, Desain Interior dan Kaitan Keduanya

Peran teknologi dalam interior kantor sungguh sangat menarik untuk dibahas. Tetapi sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk membahas secara singkat pengertian teknologi dan desain interior.
Teknologi tentu sudah tidak asing di pendengaran kita karena pada era globalisasi saat ini teknologi merupakan salah satu pembahasan menarik dan berkaitan ke segala aspek kehidupan. Teknologi sendiri berasal dari bahasa Perancis ‘La Teknique’ yang berarti semua proses yang dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional.
Teknologi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis dan merupakan suatu ilmu terapan. Beberapa ahli juga telah memberikan penjelasan tentang pengertian dari teknologi, seperti :
1. Yusufhadi Miarso (2007), teknologi adalah suatu bentuk dari proses yang memberikan nilai tambah kepada suatu produk.
2. Wikipedia, teknologi adalah keseluruhan sarana yang digunakan untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia.

Desain interior terdiri dari dua kata yaitu desain dan interior. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kedua kata ini memiliki artinya masing-masing dimana desain berarti kerangka bentuk atau rancangan dan interior berarti bagian dalam gedung, ruang dan lain sebagainya.
Jika digabungkan, desain interior berarti kerangka bentuk ataupun rancangan dari suatu bagian di dalam gedung dan ruangan. Beberapa ahli telah membahas dan memberikan pengertian dari desain interior, seperti :
1. Francis D.K Ching (Ching & Binggeli, 2012), desain interior adalah perencanaan, tata letak dan perancangan suatu bagian ruangan didalam bangunan atau gedung yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi, nilai estetika dan kualitas kehidupan psikologis dari suatu bagian ruangan.
2. Wikipedia, desain interior adalah suatu proses merancang dalam ruangan, yang biasanya meliputi luar ruangan dari sebuag bangunan ataupun gedung.

Jika dilihat dari pengertiannya, maka peran teknologi dalam interior kantor dapat diartikan adanya suatu bentuk dari proses, metode, sarana yang dijadikan instrumen untuk memberikan nilai tambah atau ilmu terapan bagi suatu perancangan dan pengaturan ruangan dalam suatu kantor.
Teknologi dapat dijadikan sebagai alat utama atau suatu metode yang bisa digunakan untuk mempermudah suatu perancangan kantor. Selain itu, teknologi merupakan suatu metode yang mampu memberikan hasil yang lebih akurat dari hasil perancangan interior kantor hingga penyelesaian interior kantor, kinerja perancangan yang lebih efektif dan efisien.

B. Manfaat Penggunaan Teknologi untuk Interior Kantor

Peran teknologi dalam interior kantor memberikan banyak manfaat. Jika dulu, teknologi berperan hanya dalam perhitungan biaya dan konstruksi dan pengaturan pencahayaan biasa terhadap suatu ruangan, sekarang memberikan manfaat yang lebih daripada hal tersebut.
Peran teknologi dalam interior kantor semakin penting dan semakin memudahkan. Hal ini dilihat karena teknologi dapat membantu para ahli desain interior membuat suatu konsep bangunan kantor kelihatan realistis. Beberapa manfaat dari peran teknologi dalam interior kantor adalah sebagai berikut :

a. Sebagai alat penyebaran informasi langsung dengan internet. Hal ini karena internet mempermudah seseorang untuk menemukan dan melihat model-model terbaru dari seluruh interior kantor di dunia sehingga dapat memberikan ide ataupun konsep baru. Selain itu, dapat membagikan hasil rancangan model interior yang dibuat untuk menjadi bahan pembanding kepada yang lainnya.
b. Menjadi alat bantu dalam presentasi dari desain interior kantor. Teknologi mempermudah untuk menampilkan hasil rancangan interior kantor sebelum dilakukan konstruksi.
c. Menjadi alat bantu simulasi dan evaluasi rancangan interior kantor.
d. Memberikan gambaran nyata dari sketsa ataupun perancangan interior kantor.
e. Memberikan kemampuan baru untuk mengembangkan dan memecahkan bentuk-bentuk geometri yang sulit.
f. Sebagai alat penghubung dari perancangan interior kantor menuju tahap konstruksi.
g. Sebagai alat penerjemah informasi digital ke proses pembangunan dan sebagai alat untuk menghitung aspek- aspek kuantitatif perancangan interior kantor.
h. Mendorong para ahli desain untuk menghasilkan interior kantor yang ramah lingkungan, hemat energi dan hasil konstruksi atau interior kantor yang presisi, akurat, dan cepat.
i. Teknologi dapat menghemat biaya pengadaan untuk proses perancangan interior kantor sampai tahap konstruksi.
j. Teknologi digunakan untuk menghitung seperti konstruksi, biaya, energi, dan utilitas.
k. Teknologi digunakan untuk penyimpanan dan pengarsipan hasil sketsa awal, pengembangan dan hasil akhir interior kantor.

C. Contoh Peran dan Implementasi Teknologi dalam Interior Kantor

Seperti pembahasan sebelumnya, peran teknologi dalam interior kantor semakin banyak dirasakan dan semakin penting. Selain karena manfaat dan hasil yang diberikan sangat besar, tuntutan zaman dengan perkembangan teknologi juga menyebabkan hal itu terjadi.

Beberapa contoh peran dan implementasi teknologi adalah sebagai berikut ini :

1. Peran teknologi dalam interior kantor sangat dirasakan dalam masa perancangan desain awal, pengembangan desain, pembuatan gambar kerja dan presentasi akhir desain interior kantor. Hal ini dengan adanya penggunaan software¬ yang dapat memberikan bentuk gambar secara 2D, 3D, animasi ataupun virtual reality.
Beberapa software yang digunakan adalah software 3D Studio Max, SketchUp, Auto CAD, Autodesk Revit, dan lain sebagainya :
a. 3D Studio Max
Software ini adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi. Perangkat lunak ini banyak digunakan karena kemampuan mengedit yang serba bisa dan arsitektur plugin yang banyak. Perangkat lunak ini mampu menghasilkan desain interior kantor dalam bentuk 2D, 3D, dan animasi.
Perangkat lunak ini juga memberikan kesan material yang mendekati aslinya dan menggunakan platform Microsoft Windows.

b. SketchUp
Software ini merupakan sebuah perangkat lunak desain grafis 3 dimensi yang digunakan untuk perancangan interior kantor. Perangkat lunak ini banyak digunakan untuk perancangan awal ataupun pengembangan desain interior kantor karena lebih mudah untuk digunakan.
Perangkat lunak ini simple, menarik dan ringan untuk dijalankan di komputer standard. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki banyak open source dan plugin dan memiliki fitur import data ke file 3ds, dwg, jpg, pdf dan lain sebagainya.
Perangkat lunak ini terdiri dari 3 toolbar utama yaitu : Pencil sebagai membentuk garis pada gambar dengan sebuah titik, Rectangle/ Circle/ Arc sebagai pembentuk bangun datar untuk dibentuk menjadi 3D, dan push/pull sebagai dasar pembentuk gambar menjadi 3D.

c. Auto CAD
Perangkat lunak ini sering disebut juga aplikasi desain dibantu komputer (Computer Aided Design) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mendesain atau penyusunan desain dalam bentuk 2D dan 3D.
Perangkat lunak ini sering digunakan karena mampu memecahkan geometri-geometri sulit dan dilengkapi dengan informasi pengukuran yang jelas. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki banyak perintah untuk membuat perancangan dan memiliki banyak fitur untuk pemodelan objek desain.
Perangkat lunak ini bisa digunakan pada sistem operasi Microsoft dan menghasilkan gambar berbentuk dwg, dxf dan dwf. Saat ini, perangkat lunak ini juga telah mengeluarkan versi khusus untuk para arsitek yaitu AutoCAD Architecture.

d. Autodesk Revit
Perangkat lunak ini merupakan aplikasi untuk membuat desain konstruksi bangunan dalam bentuk 3D, 2D dan animasi. Perangkat lunak ini juga merancang bangunan dan struktur serta mekanikal, dan elektrikal.
Perangkat lunak ini menyediakan fungsi untuk elemen arsitektur bangunan seperti dinding, lantai, daun pintu dan lain sebagainya. Perangkat lunak ini juga memberikan informasi lain seperti RAB, penghitungan jumlah material, komponen parametri, pilihan desain, interference check (melihat apakah ada komponen yang saling bertabrakan), dan lain sebagainya.

2. Peran teknologi dalam interior kantor lainnya adalah dengan teknologi Augmented Reality (AR).
Teknologi ini adalah penggabungan benda maya dalam bentuk 2D atau 3D ke dalam lingkungan nyata 3D dan diproyeksikan dalam waktu yang nyata. Tampilannya dimunculkan langsung dari lingkungan yang ada dengan menambahkan suara, gambar, video, ataupun grafik ke dalamnya. Jadi, teknologi ini membuat segala hal abstrak atau virtual menjadi seperti nyata.
Teknologi AR membutuhkan perangkat dalam pengaplikasiannya, yaitu kamera atau sensor yang digunakan sebagai alat pengumpul informasi untuk diproses selanjutnya, proyeksi sebagai alat untuk memproyeksi gambar yang terkomputerisasi ke permukaan yang akan dilihat misalnya monitor, dan refleksi sebagai cermin untuk membantu pengguna melihat gambar virtual.
Kelebihan dari AR dalam interior kantor adalah dapat memberikan gambaran nyata dari elemen interior yang ingin kita tambahkan dalam ruangan tersebut. Teknologi ini dapat membantu penggunanya untuk mengatur skala produk sesuai dengan dimensi ruangannya.

3. Peran teknologi dalam interior kantor terhadap pencahayaan kantor.
Pencahayaan merupakan salah satu unsur penting dalam interior kantor baik di dalam ruangan maupun ruangan. ruangan. Pencahayaan dalam ruangan akan mendukung kenyamanan dan keefektifan pekerja dan memberikan visualisasi kantor yang lebih indah dan menakjubkan.
Salah satu teknologi yang digunakan untuk interior kantor adalah teknologi invisible light yang diterapkan pada bangunan sehingga menghasilkan visualisasi yang lebih indah dan teknologi pencahayaan yang mengintegrasikan daya dan infrastruktur yang lebih efektif.

Teknologi membuat para ahli desain interior kantor bekerja lebih berwawasan, lebih kreatif dan lebih berimajinasi. Selain itu, teknologi mempermudah proses pengerjaan dari awal perancangan hingga hasil akhir interior kantor. Jadi, peran teknologi dalam interior kantor membuat hasil kerja lebih efektif, efisien, lebih ekonomis dan lebih indah.


%d blogger menyukai ini: